Home » Information » Menyetarakan Pekerja Penyandang Disabilitas Di Lingkungan Kerja

Menyetarakan Pekerja Penyandang Disabilitas Di Lingkungan Kerja

Bagian yang paling sederhana dalam hidup adalah berbuat kebaikan, hal ini tercermin dengan berbuat kebaikan sederhana terhadap penyandang disabilitas yang mungkin tidak pernah masuk ke dalam pertimbangan sebelumnya, bahwa jika perusahaan benar memiliki kebijakan perekrutan yang inklusif maka disarankan untuk mengatakannya di awal pertemuan, bahkan bila memang perusahaan memiliki kesempatan yang sama dalam artian hak bagi penyandang disabilitas dengan non-disabilitas adalah sama, maka segera nyatakan di beberapa lowongan pekerjaan https://www.kompasiana.com/molzania1507/5beffe766ddcae715836ed24/berkarya-untuk-bangsa-harapan-baru-penyandang-disabilitas.

Setelah perusahaan mempublikasikan lowongan pekerjaan secara inklusif maka pastikan juga dalam tahapan lain, perusahaan memiliki proses yang adil, terutama dalam proses wawancara. Hal ini sangat perlu untuk menghindari ketidakseimbangan dalam melakukan perekrutan. Jika perusahaan meminta untuk mengikuti tes, maka ada baiknya perusahaan memberitahu kepada pelamar mengenai test keduanya dan apakah test keduanya dibedakan atau disamakan, ini juga perlu menjadi pengumuman yang dipersiapkan dengan matang. Belum lagi, pengajuan pertanyaan yang memfokuskan diri pada kinerja fungsi tugas selama di lingkungan kerja. Terakhir apakah ada asumsi yang membuat bagaimana seorang penyandang disabilitas dapat menghambat pekerjaan tertentu sehingga mereka bisa memberikan solusi dan perusahaan diharapkan dapat memahami jawaban tersebut. Hal ini perlu karena ini akan membantu mereka untuk memiliki kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan.

Para pekerja penyandang disabilitas memiliki arti dalam pekerjaan, bahkan mereka memiliki retensi yang diartikan sebagai kekuatan bertahan di satu tempat dengan sangat kuat apapun medan pekerjaannya. Meski begitu perusahaan tidak diperkenankan untuk membuat sulit pekerja penyandang disabilitas, justru perusahaan diminta untuk bersikap ramah dengan cara menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan bagi penyandang disabilitas. Perusahaan biasanya memang khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat fasilitas penyandang disabilitas, namun biaya tidak sama dengan keuntungan yang perusahaan terima dengan merekrut penyandang disabilitas sebagai pekerja terutama kesetiaan mereka terhadap perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan sangat disarankan dalam membantu penyandang disabilitas merasa aman dan nyaman di lingkungan kerja.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *